ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v2i2.150Kata Kunci:
Problematika, Bahasa ArabAbstrak
Problematika yang ada dalam pembelajaran bahasa arab tidak hanya terletak pada faktor internal anak didik, namun juga faktor eksternal yang meliputi ingkup sekolah dan peran serta keluarga yang kurang memperhatikan pendidikan anaknya, serta pengaruh lingkungan sosial masyarakatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prolematika pembelajaran bahasa arab yang ada di madrasah ibtidaiyah, kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa arab dan cara mengatasi permasalahan dalam pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini dilakukan di madrasah ibtidaiyah dengan sumber datanya adalah guru, siswa dan kepala madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Perosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah peneliti melakukan penelitian dan melakukan analisis data yang penulis temukan di lapangan, dapat ketahui bahwa ada beberapa problematika pembelajaran Bahasa Arab siswa yaitu peserta didik mengalami kesulitan membaca kosa kata dalam Bahasa arab, kurangnya motivasi dan minat belajar siswa terhadap Bahasa arab, alokasi waktu pembelajaran Bahasa Arab yang relative sedikit, kurangnya falitas pendukung pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa arab tersebut adalah menghafal kosakata bahaasa arab sebelum pembelajaran dimulai, menumbuhkan semangat dan motivasi siswa dengan cara melakukan pembelajaran sambil bermain di luar kelas dan meminta bantuan orang tua agar membimbing anaknya belajar di rumah, melakukan pengadaan terhadap kebutuhan siswa dan guru terhadap fasilitas belajar secara bertahap.
Referensi
Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 189–198. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.14
Ahmad, Etmy, D., & Primajati, G. (2019). Upaya Mengatasi Problema Pembelajaran Matematika Siswa pada Materi Teorema Phythagoras melalui Bimbingan Belajar Kelas VIII di MTs . Nurul Yaqin Kelanjur. 2(1), 60–70.
Efflamengo, L., & Asyrofi, S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab pada Siswa Tunanetra di MAN 2 Sleman. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-03
Fauzy, H., Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). STRATEGI MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843
Masyudi, M. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2). https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1672
Takdir, T. (2019). METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(1). https://doi.org/10.47435/naskhi.v1i1.65
Umam, N., & Budiyati, D. U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini Berbasis Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Warna, 4(1).
Yusvida, M. (2020). Strategi Belajar Bahasa Arab yang Efektif pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2781