Nurul Hakim's Management In Improving The Education Quality For The Youth Of Kediri

Penulis

  • Musta'in Universitas Sultas Idris Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v2i2.160

Kata Kunci:

Pondok Pesantren Nurul Hakim, Kulaitas Pendidikan, Pemuda

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Pondok Pesantren Nurul Hakim dalam meningkatkan kualitas pendidikan para pemuda Kediri. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kajian ini menemukan dua jenis konstruksi terhadap masyarakat, yaitu konstruksi terhadap pemuda dalam bidang ilmu agama dan konstruksi terhadap pemuda dalam bidang ilmu umum. Sehingga dapat disimpulkan, hasil dari penelitian ini adalah dengan dua jenis pembinaan yang dilakukan oleh manajemen pondok pesantren Nurul Hakim dapat meningkatka kualitas pendidikan para pemuda Kediri.

Referensi

Azhar Arsyad. (2002) Pokok-Pokok Manajemen. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002).

Bogdan & Taylor. (2012) Prosedur Penelitian. (him. 4). Jakarta: Rineka Cipta.

Harya Toni. (2016) Pesantren Sebagai Potensi Pengembangan Dakwah Islam. Jurnal Dakwah dan Komunikasi. STAIN Curup: E-ISSN: 2548-3366 | P-ISSN: 2548-3293.

Hari Suderadjat. (2005) Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung: Cipta Lekas Garafika, 2005, h. 17

Iin Setyani. (2014) Analisi Kebijakan Pendidikan Pondok Pesantren Putri Al-Badi’iyah Kajen-Margoyoso-Pati Tahun Ajaran 2013/2014 Dalam Menjaga Tradisi Dan Menyikapi Modernisasi Pendidikan.

Imam Tholkhah & Ahmad Barizi. (2004) Membuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, hlm. 50.

Maman Ukas. (2004). “Manajemen Konsep, Prinsip Dan Aplikasi”, Cetakan ketiga, AGNINI BANDUNG.

Moh. Mahfud & Artamin Hairit. (2017). Pondok Pesantren Masa Depan (Studi Pola Manajemen PP. Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan. Journal, Fikrotuna.

Nawawi, H (2003) Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Cetakan ke-7, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Ni’matul Khoiryyah (2018). Manajemen Kelas Unggul Di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. Undergraduate (S1) Paper Project

Pertiwi, A. K. (2019). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan Sekolah: Studi Deskriptif Kualitatif. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 4(1), 1-4.

Siti Rofikah Hasanah (2017). Manajemen Kelas Unggulan Di MTs Minat Kesugihan Kabupaten Cilacap. Undergraduate (S1) Paper Project

Stoner, J.A.F & Wankel, C. (1986). Management. Edisi ke tiga. Englewood Cliffs: Prentice-Hall, ©1986.

Suhanda (2016). Urgensi Sumber Daya Manusia Menuju Aparatur Sipil Negara Potensial Berbasis Ketangguhan MentalSpiritual. RI’AYAH, Vol. 01, No. 02 JuliDesember 2016

Usman. (2006). Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Diterbitkan

28-03-2022