Pendidikan Konseling Islam Berbasis kearifan lokal
Keywords:
Konseling, kearifan lokal.Abstract
Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran yang sudah jelas aturan, tata cara, tata kelola yang di atur dalam undang-undang beserta turunannya, begitu juga dengan konseling berdasarkan permendikbud nomor 111 tahun 2014, aturan, tata cara dan tata kelola pun sudah jelas di atur sehingga landasan yuridis tidak ada masalah, konseling adalah sebuah disiplin ilmu tersendiri dalam dunia pendidikan yang mana tujuh puluh lima persen refrensinya adalah ilmu psikologi, dalam ilmu konseling ada beberapa teori, konsep dan pendekatan menjadi pilihan dalam pelaksanaan proses konseling salah satunya pendekatan berbasis agama, berbasis kearifan lokal yang sehingga dalam tulisan ini sesuai judulnya pendidikan konseling Islam berbasis kearifan lokal, kaitan titik temu dua pendekatan ini dimana, seperti apa, bagaimana sistem maupun mekanisme dan teknik pelaksanaannya serta teori-teori dan filsafat yang di pakai sebagai kerangka pikir antara konseling, Islam dan Kearifan Lokal.
Kata Kunci: Konseling, Kearifan Lokal. Teori
References
Ahmadi, Anas. 2017. Menulis Mandiri Konteks Sastra dan Psikologi .Gresik: Graniti.
Arwildayanto dkk. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan kajian Teoritik, Eksploratif dan Aplikatif, Bandung:Cendekia Press.
Bagir, Haidar. 2006. Buku Saku Filsafat Islam, Bandung: Mizan Pustaka.
Bennet, Bo. 2015. Kitab Anti Bodoh Terampil Berfikir Benar terhindar dari cacat logika dan sesat pikir, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
A. Setyo Wibowo. 2014. Haryanto Cahyadi,. Mendidik Pemimpin dan Negarawan ‘Dialektika Filsafat Pendidikan Politik Platon Dari Yunani Antik Hingga Indonesia. Yogyakarta: Lamalera.
Abdullah A.Thalib. 2018. Filsafat Hermeneutika dan Semiotika .SULTENG: LPP Mitra Edukasi.
Adian Husaini. 2010. Pendidikan Islam mementuk mannusia berkarakter dan Beradab. Jakarta:Cakrawala Publishing.
Anwar Hafid dkk. 2015. Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Jakarta: Kemendigbud.
Asroril Mais. 2016. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus .Jombang: Pustaka Abadi.
Assagaf, Ja’far dkk. 2015. Pendidikan Islam Moderat di Indonesia ‘analisis ideologi tas lembaga pendidikan Muhammadiyah dan NU di wilayah Surakarta’.Jakarta: Direktut Pend. Tinggi Islam.
Badruli, Martati. 2019. Model Desain Pembelajaran Pengembangan Moral Berbasis Kearfan lokal .Surabaya: Mavendra Pers.
Geldard, Kathyin dan David Geldard. 2011. keterampilan Praktik Konseling Pendekatan integratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gumilang, Galang Surya. 2019. Pengembangan dan Evaluasi Program Layanan Bimbingan dan Konseling Teori &Praktik, Malang: Azzah Publishing.
Indrawan, Irjus dkk. 2020. Filsafat Pendidikan Multikultural. Purwokerto: Pena Persada.
Isnarmi Moeis.2014. Pendidikan Multikulturan Transformatif, Integritas Moral, Dialogis dan Adil, Padang: UNP Press.
Juntika Nurihsan, Syamsu Yusuf. 2011. .Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: Remaja Rosdakarya.
.
Khairiah. 2020. Multikultural Dalam Pendidikan Islam, Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Latipun. 2013. Konseling berfokus Resolusi Konflik Antar Sebaya ‘Dari Perselisihan ke Perdamaian dikalangan Remaja’. Malang: UMM Press.
Mu’awanah, Elfi. 2019. Kerja sama Bimbingan Konseling Dalam menangani anak Retradasi Mental Dengan Gangguan Perilaku’ Kolaborasi Konseling Islam, Konseling Kyai, Ruqyah, dan Psikoterapi, Jakarta: Alim’s Publishing.
Nasution, Harun. 1998. Falsafat Agama, Jakarta: Bulan Bintang.
Nasution, Henni Syafriana dkk. 2019. Bimbingan dan Konseling’ Konsep,Teori, dan Aplikasinya’. Medan: LPPPI.
Parinduri, Muhammad Abrar. 2017. Pendidikan Di Sekolah Berbasis Agama Dalam Persfektif Multikultural. Jakarta: UIN Syrif Hidayatullah.
Yunus, H.A. dkk. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Majalengka: Universitas Majalengka.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 wildan Halid, Heri Padli, Miftahul Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.