Implementasi Islamic Values dan Dampaknya terhadap Perkembangan Psikologis pada Anak di Raudatul Atfal Desa Plampang Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa

Keywords:

Islamic Values, Anak usia dini, psikologis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bagaimana tingkah laku dan interaksi anak kepada teman dan guru dan orang sekitar yang ada di RA Mandiri, dimana adanya beberapa anak yang dalam kesehariannya kurang mewujudkan akhlak yang baik seperti belum mampu bersabar, sering menggangu teman saat belajar maupun saat bermain serta tingkah laku peserta didik kepada guru yang belum mencerminkan akhlakul karimah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data  pada penelitian ini yaitu kepala sekolah guru pengajar dan peserta didik usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yakni deskriptif kualitatif dengan langkah meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif kemudian penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi.Hasil penelitian yang didapatkan adalah bahwa peran guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada anak di RA Mandiri Plampang meliputi tiga hal yaitu guru sebagai model atau teladan bagi anak, guru sebagai pembimbing dan guru sebagai motivator. Terdapat tiga kendala yang dihadapi guru yakni berupa perbedaan karakter setiap peserta didik, kedua berupa sarana prasarana yaitu ruangan kelas yang kurang memadai serta terakhir dari kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua peserta didik. Kemudian solusi dari kendala yang dihadapi guru diantaranya melakukan pendekatan kepada peserta didik, menata ruang fisik kelas dan terus berusaha melakukan komunikasi dengan orang tua.

References

Afrandi, Kandiri. 2021. “Guru Sebagai Model dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa”, Vol. 6, Nomor 1.

Assawqi, Hefdon. 2015. Pendidikan Akhlaqul Karimah Perspektif Ilmu Tasawwuf, Indramayu: Penerbit Adab.

Dahlan, Muhtarom. 2018. Menjadi Guru yang Bening Hati, Yogyakarta: Depublish.

Daniapus. 2017. “Anak Banyak Akal”,Jakarta: CV. Pustaka Abadi.

Harjali. 2019. “Penataan Lingkungan Belajar: Strategi Untuk Guru Dan Sekolah”, Malang: CV. Seribu Bintang.

Faishol, Riza dkk. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTs An-Najahiyyah”, Vol. 6, Nomor 1.

Kutsiyyah. 2017. Pembelajaran Akidah Akhlak Bandung: Duta Media.

Ma’mun, Asmani Jamal. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidik Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press.

Mulyasa, E. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspitaningtyas, Anis. 2016. “Pengaruh Komunikasi Orang Tua dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa”, Vol. 1, Nomor 1.

Ramayulis dan Samsul Nizar. 2011. Filsafat pendidikan Islam Telaah sistem Pendidikan dan pemikiran para tokohnya, Jakarta: Kalam Mulia.

Saroni, Muhammad. 2017. Manajemen Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional, Riau: PT. Indragiri Dot Com.

Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Kencana.

S. Sofyan dan Willis. 2003. “Peran Guru sebagai Pembimbing” Mimbar Pendidikan, Vol. 1, Nomor 1.

Ulfah, Linda Ni’matul. 2019. “Strategi Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Siswa di MTs Mu’allimat NU Kudus”, Skripsi, IAIN Kudus.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

30-11-2022

How to Cite

Implementasi Islamic Values dan Dampaknya terhadap Perkembangan Psikologis pada Anak di Raudatul Atfal Desa Plampang Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa. (2022). Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam , 3(1), 29-42. Retrieved from https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/alinsan/article/view/248