URGENSI PARADIGMA KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Penulis

  • Samsul Hadi Rahman Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim Kediri Lombok Barat
  • Wildan Halid Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim Kediri Lombok Barat
  • Heri Fadli Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim Kediri Lombok Barat

Kata Kunci:

Islam, Gender, Pendidikan Usia Dini

Abstrak

Artikel ini berupaya menyoroti bias gender yang terjadi dalam dunia pendidikan, terkhusus dalam tataran pendidikan anak usia dini yang secara praktis kerap memposisikan perempuan sebagai subordinasi laki-laki. Di dalamnya dilacak juga bagaimana Islam mendudukkan laki-laki dan perempuan pada tempat yang setara dalam mengakses pendidikan.

Dalam artikel ini, berbagai bahan pustaka yang telah dikumpulkan, dipilah hanya yang relevan dengan fokus kajian, dianalisis, untuk selanjutnya dideskripsikan sedemikan rupa hingga tersusun sebuah artikel ilmiah yang sistematis.

Gender merupakan isu skala global maupun skala nasional yang sedang diperjuangkan terutama dalam bidang pendidikan. Dalam konsep Islam tidak ditemukan adanya nilai-nilai  diskriminatif, baik terhadap perempuan atau terhadap laki-laki. Ayat-ayat yang mengungkap tentang relasi laki-laki dan perempuan menunjukkan adanya pesan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Dengan demikian, nilai-nilai kesetaraan tersebut juga perlu dikembangkan pada anak-anak usia dini, baik dalam lembaga keluarga maupun lembaga pendidikan pra-sekolah. Dalam pembelajaran usia dini juga perlu dikembangkan pembelajaran yang berorientasi pada keseimbangan gender, dengan menghindari pembelajaran dari nilai-nilai yang bias gender. Peran orang tua terutama ibu sangatlah berpengaruh terhadap pendidikan anak usia dini karena pendidikan dimulai sejak dalam kandungan.

Referensi

Arifin. 1977. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.

Basri, Hasan. 1999. Keluarga Sakinah. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Hujjati, Muhammad Baqir. 2003. Pendidikan Anak dalam Kadungan. Bogor: Cahaya.

Langgulung, Hasan. 1979. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

_______ . 1988. Azas-Azas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Mansur. 2004. Sejarah Sarekat Islam dan Pendidikan Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_______ . 2014. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mas’udi, Masdar F. 1997. Perempuan dalam Wacana Keislaman. Jakarta: Penerbit Obor.

Putri, Ramantia Darma. 2019. “Budaya Adil Gender pada Pendidikan Anak Usia Dini melalui Bermain Peran”, dalam Jurnal Wahana Konseling, Vol. 2, No. 1. 2019.

Robinson, Philip. 1981. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Shihab, M. Quraish. 1997. Membumikan Al-Qur’an. Jakarta: Mizan.

Sujiono, Y.N. 2009. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks

Tim Penyusun. 2010. Membangun Relasi Setara antara Perempuan dan Laki-laki melalui Pendidikan Islam. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Kementerian Agama-Australia Indonesia Partnership.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Dini Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

30-12-2021