FEODAL INTELEKTUAL SEBAGAI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BAGI INSTITUSI PENDIDIKAN PESANTREN DAN MADRASAH

Authors

  • ADI FADLI UIN Mataram
  • LALU AGUS MURZAKI IAI Qamarul Huda

Keywords:

feodal intelektual, multikultural, pendidikan Islam

Abstract

FEODAL INTELEKTUAL SEBAGAI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BAGI INSTITUSI PENDIDIKAN PESANTREN DAN MADRASAH

References

Ali, Suryadharma, Mengawal Tradisi Meraih Prestasi Inovasi dan Aksi Pendidikan Islam, Malang: UIN- Maliki Press, 2013.

Azra, Azyumardi, Jaringan Global dan Lokal Islam Nusantara, Jakarta: Mizan, 2002.

_______, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII-XVIII Akar Pembaruan Islam Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2004.

_______, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

_______, Revitalisasi Wawasan Kebangsaan Melalui Pendidikan Multikultural, Jurnal Ledalero, 2019.

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiai, Jakarta: LP3ES, 1994.

Fadli, Adi, Intelektualisme Pesantren: Studi Geneologi dan Jaringan Keilmuan Tuan Guru di Lombok, Jurnal El-Hikam, Volume IX Nomor 2 Juli-Desember 2016.

Faizin, Hamam, Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Multikultural Islam-Indonesia, “JIE” Volume II, No. 1, April 2013 M./ Jumadi as-Sani 1434 H.

Hidayati, Nurul. Konsep Pendidikan Islam Berwawasan Multikulturalisme Perspektif HAR Tilaar, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 4, Nomor 1 Mei 2016.

HS, Mastuki dan M. Ishom El-Saha, Intelektualisme Pesantren Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Pertumbuhan Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2003.

I. Irawati, Stratifikasi dan Mobilitas Sosial, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor, 2016.

Ilahi, Mohammad Takdir, Kiai: Figur Elite Pesantren, Vol. 12, No. 2, Juli-Desember 2014.

Ismail SM dkk, Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Mastuhu, Dianamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994.

Mulya, Rudiaji, Feodalisme & Imperialisme di Era Global, Jakarta: Elek Media Komputindo.

Madjid, Nurcholish, Bilik-bilik Pesantren, Jakarta: Paramadina, tt.

Rahardjo, M. Dawam, Pergulatan Dunia Pesantren Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M, 1985.

Redfield, Robert, Peasant Society and Culture, Chicago: The University of Chicago Press, 1956.

Rois, Achmad, Pendidikan Islam Multikultural Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah, Jurnal Epistemé, Volume 8, Nomor 2, Desember 2013.

Safitri, Edi, Tradisi Besar Membangun Toleransi, Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Mubarok Yogyakarta, Millah: Jurnal Studi Agama, Vol. 19, No. 2, Februari 2020.

Steenbrink, Karel A., Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES, 1994.

Suaedy, Ahmad dan Raja Juli Antony (editor), Para Pembaharu Pemikiran dan Gerakan Islam Asia Tenggara, (Jakarta: Southeast Asian Muslims (SEAMUS) for Freedom and Enlightenment, 2019.

Tilaar, HAR, Kekuasaan & Pendidikan Suatu Tinjauan dari Perspektif Studi Kultural, Magelang: Indonesia Tera, 2003.

Yayasan Penyelenggara dan Penerjemah Al-Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahnya Edisi Transliterasi Al-Jadid, Solo: PT Tiga Serangkai, 2018.

Daftar rujukan dari internet:

https://kbbi.kemdikbud.go.id.

https://www.gurupendidikan.co.id

Published

29-06-2022

Issue

Section

Studi islam