MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATA PEAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PASIRHAYAM

Authors

  • Muhammad Sobri Universitas Mataram
  • Sariningsih Sariningsih Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.57210/elhikam.v17i1.265

Keywords:

Bahasa Indonesia, Picture and Picture, Puisi

Abstract

Permasalahan yang dipecahkan melalui penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pasirhayam tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan penyesuaian dengan masalah penelitian maka digunkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian adala berfokus untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pasirhayam. hasil penilaian pra siklus dari jumlah siswa kelas V hanya terdapat 6 siswa yang telah mencapai KKM sedangkan 13 diantaranya masih dibawah KKM sehingga persentase keberhasilan siswa hanya 13.6 % dengan pencapaianan rata-rata nilai kelas yaitu sebesar 56.84. Hasil penelitian siklus I dapat kita amati melalui tabel diatas. Dari 19 siswa kelas V seluruhnya telah mencapai KKM dengan demikian persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 100 % namun nilai rata-rata yang masih relative rendah yaitu 67.37 Hasil penilaian siklus II menunjukan hasil yang memuaskan yaitu dari 19 siswa seluruhnya telah mencapai KKM sehingga persentase ketuntasan belajar masih 100 % dan terjadi peningkatan yang signifikan pada pencapaianan rata-rata nilai kelas yaitu sebesar 89.21. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Pasirhayam Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Gowa, T., & Amriani, I. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Pada Fakta Dan Imajinasi Dalam Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Inpres.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis.

Jihad dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta : Multi Pressindo

Kbbi, K. B. B. I. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Basastra, 1(2), 318-327.

No, U. U. R. I. (14). tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Oktaviana, E., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture di kelas IV SDN Kalisari 03 Jakarta Timur. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 1.

Puspasari, Q. K., & Setyaningsih, N. H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 19-25.

Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 7(2), 95-101

Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3697-3703

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.

Published

30-06-2024