UPAYA PENINGKATAN PERBAIKAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Studi Kasus pada SD Negeri 101770 Tembung TA. 2022/2023

Authors

  • Asrah Habibi Daulay Universitas Terbuka
  • Muhammad Sobri Unversitas Mataram

Keywords:

Discovery Learning, Lambang Bilangan, Kartu Angka.

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terdapat pemasalahan bahwa kelas 1 SDN 101770 tembung belumdapat mengenal lambang bilangan secara benar. Penyebabnya adalah metode belajar yang digunakan masih kurang tepat, sehingga anak –anak kurang termotivasi untuk belajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas,dengan menggunakan kartu bilangan dengan model discovery learning. Hasil belajar observasi menemukan pada saat pra tindakan kemampuan siswa dalam mengenal lambang bilangan hanya mencapai 29,41% dan setelah dilakukannya penelitian pada beberapa siklus, sampai siklus II, kemampuan siswa dalam mengenal lambang bilangan mencapai peningkatan yaitu 83,32% dengan KKM 70%. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mengenal lambang bilangan. penelitian dilaksanakan di SDN 101770 Tembung dengan subjek penelitian adalah kelas 1 SD. Pembahasan ini bertujuan agar penggunaan model discovery learning dan kartu bilangan dapat membantu siswa kelas 1 SD Negeri 101770 Tembung T.A 2022.2023 belajar matematika lebih efektif.

References

Aini, N, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas VI SDN 14 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Semester Genap Tahun Pelajaran 2020 /2021. 3(1), 2022: 53-61.

Asrida, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM2 Pada Materi Program Linear dengan Menggunakan Model Discovery Learning di SMK Negeri 1 Bireuen,” Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan HUmaniora, 8(1), 2020: 121–131.

Carera, R., Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Discovery Learning, 2017.

Dienulhaqqi, M., “Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Media Spindu ( Spin Edukasi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 4 SDN Wonotingal Semarang Pendahuluan Pendidikan Nasional Berfungsi Mengembangkan Kemampuan dan Membentuk Watak Serta Peradaban, Jurnal Handayani, 12(1), 2021: 98– 110.

Erniati, E., Muslima, M., Rachim, N., & ..., “Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar,” Jurnal Edukasi …, 2022: 26–39.

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H., “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02,” Mitra Pendidikan, 1(6), 2017: 708–720.

Ofori, D. A., Anjarwalla, P., Mwaura, L., Jamnadass, R., Stevenson, P. C., Smith, P., Koch, W., Kukula- Koch, W., Marzec, Z., Kasperek, E., Wyszogrodzka-Koma, L., Szwerc, W., Asakawa, Y., Moradi, S., Barati, A., Khayyat, S. A., Roselin, L. S., Jaafar, F. M., Osman, C. P., … Slaton, N. (2020). No Title. Molecules, 2(1), 1–12.

Sestha, D. M., & Hafidah, R., “Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan 1-10 Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Karangasem Surakarta Tahun Ajaran 2014 /2015,” 1, 2015: 1–6.

Utami, A. (2019). Bab II Kajian Teori dan Kerangka Pemikiran - Repo Unpas. Repository.Unpas.Ac.Id, 10–44. http://repository.unpas.ac.id/43291/3/BAB II.pdf

Yudha, F., “Jurnal pendidikan matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 2019: 111–121.

Published

29-12-2023