MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT)

Penulis

  • AHMAD Ilmu Komputer Universitas Bumigora Mataram
  • HABIB RATU PERWIRA NEGARA Ilmu Komputer Universitas Bumigora Mataram
  • KIKI RISKA AYU KURNIAWATI UIN Mataram, Indonesia

Kata Kunci:

Prestasi Belajar, Model Pembelajaran TGT

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Darul Falah Batu Jangkih yang berjumlah 28 orang. Metode penelitian yang diperguanakan adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahuibahwa pada siklus I, siswa memiliki nilai rata-rata nilai 72,22 dan tingkat ketuntasan klasikal 83,10%. Artinya tingkat ketuntasan belajar siswa belum tercapai sesuai dengan standar ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Pada siklus ini belum memenuhi ketuntasan belajar klasikal sesuai dengan yang ditentukan yaitu 85%. Berdasarkan hasil analisis siklus II, rata-rata nilai siswa adalah 85,10, dan tingkat ketuntasan klasikal siswa 95%. Artinya ketuntasan siswa didasarkan pada tingkat penguasaan yang telah ditentukan sudah sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan. Dengan demikian maka maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini terjadi karena pada model pembelajaran tersebut siswa diberikan kesempatan untuk belajara sambil bermain, belajar berdiskusi kelompok, mengajukan perntayaan, membuat kesimpulan, saling berbagi ilmu dengan cara membimbing anggota kelompoknya kalau ada yang belum memahami materi dengan baik dan siswa juga tidak malu untuk bertanya dan berdiskusi dengan guru ketika prosesi bimbingan kelompok. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Referensi

Ari Dwi Susyanto. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen Pada Siswa Kelas V Sd N 1 Jembangan Poncowarno Kebumen. Repository Universitas PGRI Yogyakarta.

Elok Nurmayahya, Muhamad Najibufahmi, & Rini Utami. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments pada Prestasi Belajar Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2534

Falakhudin, F. A., Handayanto, A., & Happy, N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan NHT Berbantuan Macromedia Flash terhadap Prestasi Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5). https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4463

Ramadhani, W. P., & Indrawati, A. G. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULTPYGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. JIPMat, 5(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.5480

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Widyaningsih, F., & Sanusi, N. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan. Jkpm, 1(2).

Diterbitkan

29-06-2022