PERSEPSI WISATAWAN TENTANG KUALITAS KENYAMANAN (Studi Kasus di Kawasan Mandalika)

Authors

  • Sahirul Alim
  • Zamroni Universitas Mataram

Keywords:

Persepsi, Wisata

Abstract

Kawasan Mandalika memiliki magnet dan menjadi destinasi wisata yang mampu menghipnotis pengunjung karena panorama alamnya yang tidak kalah dan bisa disejajarkan  dengan destinasi wisata yang ada di Nusantara. Suksesnya gelaran internasional Word SuperBike dan Grand Prix Motor GP tahun 2021 silam seakan menjadi momentum untuk membuat kawasan ini mendunia dan melegenda seperti Putri Mandalika.

Persepsi merupakan proses internal yang diakui individu dalam menyeleksi, dan mengatur stimuli yang datang dari luar, ditangkap oleh indera secara spontan. Pikiran dan perasaan akan memberi makna atas stimuli tersebut. Dalam penelitian ini persepsi wisatawan diperoleh dengan melakukan penelitian secara deskriptif tentang kualitas kenyamanan dengan menggunakan beberapa indikator: kualitas kenyamanan yaitu : a. informasi; b. penerimaan pesanan; c. keramahan; d. penagihan; e. pengamanan.

Berdasarkan peneltian, diperoleh data bahwa sebagian besar wisatawan (di atas 60%) dengan menggunakan indikator-indikator di atas menyatakan kualitas kenyamanan di kawasan Mandalika sudah bagus. Persepsi wisatawan tentang kemudahan mengakses informasi  kawasan serta barang dan jasa yang akan digunakan. Demikian juga tentang ketersediaan sarana dan fasilitas pendukung yang dibutuhkan ,  wisatawan menyatakan puas. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah keamanan yang dirasakan oleh wisatawan. Mereka memberi kesan bahwa kawasan wisata Mandalika adalah tempat yang aman untuk berwisata,

Published

02-01-2023