KONTRIBUSI LEMBAGA AMIL ZAKAT DASI NTB DALAM PEMBERDAYAAN UMAT

Authors

  • Sahirul Alim
  • Iman Hidayatullah Institut Agama Islam Nurul Hakim
  • Ahmad Tarmizi Lubis STEI SEBI Depok

DOI:

https://doi.org/10.57215/muslimpreneur.v3i2.331

Keywords:

Zakat, Pemberdayaan

Abstract

Kehadiran Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah membawa angin segar sebagai bentuk reformasi pengelolaan zakat di tanah air. Kiprahnya  mulai dirasakan manfaatnya oleh umat Islam. Perannya dalam pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat semakin nyata. LAZ DASI NTB memiliki andil dalam upaya pemberdayaan umat melalui 5 bidang/program; bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang kesehatan, bidang sosial kemanusiaan dan bidang dakwah.

Berbagai macam program untuk pemberdayaan masyarakat yang telah dan sedang dilaksanakan oleh LAZ DASI NTB antara lain: pertama pada bidang pendidikan, secara garis besar yaitu ada program beasiswa pendidikan formal, tahfizh-ku. Kedua bidang kesehatan yaitu LAZ DASI NTB memiliki 7 ambulance, rumah sehat LAZ DASI NTB, dan rumah singgah yang lokasinya didekat RSUP. Ketiga, bidang ekonomi diantaranya,  mitra mandiri  dengan memanfaatkan masyarakat yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk pelatihan. Keempat, bidang sosial kemanusiaan memiliki program diantaranya ada rumah ceria mandiri untuk menampung anak-anak terlantar Kelima, bidang dakwah, ada program sejuta Al-Qur’an dan dakwah kesehatan.

Pemberdayaan umat oleh LAZ DASI NTB juga  melalui beasiswa RTE (Rumah Tahfizh Entrepreneur) untuk mahasiswa. Mahasiswa diberikan lokasi atau asrama sebagai tempat tinggal, diberikan uang bulanan untuk memenuhi kebutuhan serta pemberian pelatihan-pelatihan bisnis.

Published

26-07-2023