Analisis Promotion Mix terhadap Perilaku Konsumen dalam Memilih Layanan Bisnis di Pesantren Al-Jihad Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.57215/muslimpreneur.v4i1.395Keywords:
Promotion Mix, Perilaku Konsumen, Layanan Bisnis PesantrenAbstract
Promotion mix memiliki peran yang sangat krusial dalam memahami perilaku konsumen dalam memilih layanan pondok pesantren. Pondok pesantren sebagai layanan pendidikan Islam seringkali menawarkan berbagai layanan, seperti pendidikan agama, pengembangan karakter, pembinaan akhlak dan sebagainya. Dalam konteks ini, promotion mix mencakup elemen elemen seperti iklan, pemasaran, dan hubungan masyarakat. Melalui pemasaran yang tepat, pondok pesantren dapat menyoroti keunggulan layanannya Selain itu, hubungan masyarakat juga memainkan peran penting dalam membangun citra positif dan kepercayaan masyarakat terhadap pondok pesantren. Sementara pemasaran secara langsung dapat memberikan pendekatan personal dan spesifik kepada calon konsumen. Analisis ini dapat membantu pondok pesantren untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan promotion mix, dan akhirnya dapat meningkatkan daya tarik layanan pesantren di mata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kemampuan promotion mix dapat mempengaruhi konsumen dalam memilih layanan Pondok Pesantren Al-Jihad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren menggunakan lima metode promotion mix antara lain Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Public Relation dan Direct Selling. Diantara kelima strategi tersebut terdapat dua strategi yang banyak memberikan dampak pada pesantren yakni Advertising dan Public Relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus serta wawancara mendalam dengan konsumen Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad yang telah menggunakan layanannya.