Analisis Lingkungan Terhadap Perilaku Konsumen Pada Unit Usaha di Pondok Pesantren Fadlillah Waru Sidoarjo

Authors

  • Hefi Alifia Putri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Saila Siti Nur Khodijah
  • Albait Marzuq Fajriansyah
  • Moh. Ilham

Keywords:

Perilaku Konsumen, Pondok Pesantren, Pemasaran, Unit usaha

Abstract

Abstrak

Pada sebuah unit usaha peran pemasaran sangat penting untuk dianalisis. Hal ini dapat berpengaruh terhadap penjualan sebuah unit usaha, termasuk analisis dalam perilaku konsumen sehingga dapat mengetahui minat konsumen pada unit usaha Pondok Pesantren Fadllilah Waru Sidoarjo. Pada penelelitian yang dilakukakan peneliti menganalisis bagaimana pengaruh faktor lingkunga, pribadi, sosial, serta budaya terhadap tingkah laku konsumen dalam unit Usaha Pondok Pesantren Fadlillah Waru Sidoarjo. Pada kajian ini penulis memanfaatkan metode kualitatif melalui pendekatan wawancara terhadap manager dan pengelola unit usaha Pondok Pesantren dalam menemukan penyelesaaian masalah yang diambil. Penelitian ini bertujuan menggali lebih dalam mengenai minat beli pada unit usaha di pondok pesanren Fadlillah Waru Sidoarjo berdasarkan perilaku konsumen. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa mini market di wilayah tersebut dapat menyediakan apa yang diperlukan untuk menunjang perilaku atau aktivitas para santri sebagai konsumen. selain itu dengan adanya analisis perilaku konsumen berdasarkan faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi minat atau keperluan apap aja yang diperlukan para santri pondok pesantren Fadlillah Waru Sidoarjo. Faktor-faktor yang memengaruhi konsumen ialah faktor budaya, social, serta pribadi, faktor faktor itu dalam penelitian terkait sangat berpengaruh terhadap miinat beli pada unit usaha Pondok Pesandren Fadlillah Waru Sidoarjo.

 

Kata Kunci : Perilaku Konsumen ; Pondok Pesantren ; Pemasaran ; Unit Usaha.

 

Abstract

In a business unit, the role of marketing is very important to analyze. This can affect the sales of a business unit, including analysis of consumer behavior so that it can determine consumer interest in the Fadllilah Waru Sidoarjo Islamic Boarding School business unit. In the research conducted, researchers analyzed the influence of environmental factors, personal factors, social factors and cultural factors on consumer behavior in the Fadlillah Waru Sidoarjo Islamic Boarding School business unit. In this research, the researcher used a qualitative method with an interview approach to managers and managers of the Islamic Boarding School business unit to find solutions to the problems taken. The results of the analysis carried out show that mini markets in the area can provide what is needed to support the behavior or activities of students as consumers. Apart from that, analyzing consumer behavior based on environmental factors can also influence the interests or needs of the students at the Fadlillah Waru Sidoarjo Islamic boarding school. The factors that influence consumers are cultural factors, social factors and personal factors, these factors in the related research have a great influence on purchasing interest in the Pondok Pesantren Fadlillah Waru Sidoarjo business unit.

 

Keywords: Consumer Behavior ; Islamic boarding school ;  Marketing ; Business Unit.

Published

30-01-2024