PENGARUH PENGEMBANGAN PARIWISATA PERSPEKTIF ISLAM TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA BONJERUK LOMBOK TENGAH

Authors

  • Muh Zaini
  • Evrita Institut Agama Islam Nurul Hakim
  • Saan Institut Agama Islam Nurul Hakim

Keywords:

Pengembangan, Pariwisata, Perekonomian

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembangunan pariwisata dapat meningkatkan perekonomian suatu negara. Sektor ini memberikan peluang bergeraknya berbagai kegiatan ekonomi masyarakat. Salah satu desa yang memiliki wisata alam dan budaya yang sedang giat dalam mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki adalah Desa Bonjeruk. Desa Bonjeruk merupakan salah satu desa yang memiliki banyak sekali potensi wisata, seperti wisata alam, kuliner dan budaya.

Metode serta pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 386 orang. Sementara itu sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probality Sampling dengan Sampel Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu Observasi dan Kuesioner (angket). Adapun teknik analisis data yang dipakai peneliti yaitu Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Hipotesis (Uji t), dan Uji Asumsi Klasik.

Dari hasil uji t 0,00000 < 0,05 Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (H1) diterima dan (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh pengembangan pariwisata mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perekonomian masyarakat. Diperoleh hasil Koefisien Determinasi (R2) sebanyak 0,578. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian masyarakar dipengaruhi oleh pengembangan pariwisata sebesar 57% selain itu sisanya sebanyak 43% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published

30-01-2024