STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KULINER SUKMA RASA LOMBOK DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Keywords:
Strategi, Pengembangan, Ekonomi IslamAbstract
Penelitian ini dilakukan rumah Makan Sukma Rasa merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang kuliner yang berdiri pada tahun 2010 dan memproduksi makanan dan minuman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi-strategi yang dilakukan sukma rasa dalam mengembangkan bisnisnya ditinjau dari perspektif ekonomi islam dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami sukma rasa dalam mengembangkan bisnisnya. Rumah Makan Sukma Rasa berlokasi jalan TGH Lopan Labuapi tepatnya di depan SMK PPN Mataram. Metode yang dingunakan pada Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yaitu tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun objek dalam penyusunan penelitian ini yaitu startegi pengembangan bisnis kuliner sukma rasa lombok ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang dilakukan oleh rumah makan sukma rasa yaitu yaitu harga yang cukup terjangkau, cita rasa produk, menambah varian produk, membuat paket menu mumer dan menu istimewa, menampilkan menu best seller, memberikan kualitas pelayanan yang baik, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), menyediakan fasilitas yang nyaman, menggunakan konsep penjualan baru, melalui jasa online, membuka cateringan dan memiliki ruang meeting. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi oleh suka rasa dalam mengembangkan usahanya yaitu kurangnya manajemen operasional, rendahnya kualitas sumber daya manusia, dan tekanan dari luar (pesaing). Jika diliat dari strategi tersebut yang ditinjau dari perspektif ekonomi islam sudah memenuhi syarat-syarat dalam islam karena tidak ada yang bertentangan dengan syarat seperti sifat jujur, menjual barang yang bermutu, bermurah hati, dan menetapkan harga yang transparan.