PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2019

Authors

  • Zamroni Alfian Muhtarom IAINH

Keywords:

MNGR, INST, FORG, DR, DER, dan DPR

Abstract

Tujuan penelitian in iuntuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Struktur Kepemilikan (Managerial, Institusional, Asing) dan Struktur Modal (Debt Ratio dan Debt to Equity Ratio) terhadap kebijakan dividen yang dibagikan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan perusahaan manufaktur dari periode 2015-2016, yaitu sebanyak 144 perusahaan. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dari populasi sehingga variable yang digunakan sebanyak 94 perusahaan. Variable dalam penelitian yaitu: variabel bebas meliputi MNGR, INST, FORG, DR, dan DER. Sedangkan untuk variabel terikatnya adalah Kebijakan Dividen (DPR). Berdasarkan hasil penelitian diketahui secara parsial, MNGR, FORG, dan DR berpengaruh positif signifikan terhadap DPR, sedangkan INST dan DER tidak berpengaruh signifikan terhadap DPR. Hasil uji simultan menunjukkan terdapat pengaruh antara MNGR, INST, FORG, DR, dan DER secara bersama-sama terhadap kebijakan dividen (DPR).

Published

31-07-2021