PENGARUH INOVASI PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI NTB MALL

Penulis

  • Asep Kurniawan Dinas Perindustrian Provinsi NTB
  • Muhamad Bai'ul Hak Universitas Mataram
  • Ali Akbar Hidayat Universitas Mataram
  • Muhammad Dzul Fadlli Universitas Mataram
  • Ahmad Zaenal Wafik Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.57215/muslimpreneur.v3i1.238

Kata Kunci:

Inovasi Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk makanan dan minuman di NTB Mall. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di NTB Mall. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling, dengan responden sebanyak 110 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah, analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS for windows.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh inovasi produk, harga, dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian produk makanan dan minuman di NTB Mall. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa inovasi produk, harga, dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin meningkatnya inovasi produk, harga dan promosi maka keputusan pembelian produk semakin tinggi.

Diterbitkan

02-01-2023

Terbitan

Bagian

Articles